Tuesday, September 13, 2011

Prediksi SKL 2011 SMK

PREDIKSI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) Jenjang Pendidikan : SMK Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Tahun Pelajaran : 2011 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) RUANG LINGKUP MATERI BENTUK TES 1. LISTENING (Mendengarkan) Siswa mampu memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. • Menemukan pesan utama dan informasi rinci dalam teks lisan • Menemukan pernyataan lisan yang tepat sesuai gambar • Menemukan respon yang tepat dari pernyataan/pertanyaan berikut: - salam - perkenalan diri/orang lain - deskripsi benda, orang, situasi, proses - perbandingan dua atau lebih benda/orang/situasi - penanganan tamu/pelanggan secara langsung atau melalui telepon - imperative: perintah, permintaan, larangan, arahan - penawaran - persetujuan - pemesanan - saran - pendapat - nasehat - kemampuan - izin - kemungkinan - keharusan - kegiatan sehari-hari/sedang berlangsung/sudah lewat/yang akan datang/yang masih berlangsung sampai sekarang/berulang diwaktu lampau - cara berterimakasih - undangan - ucapan selamat Tertulis 2. SPEAKING (Berbicara) Siswa mampu mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. • Mengungkapkan buah pikiran secara lisan dalam bentuk: - Monolog: pidato, menceritakan kembali, menjawab pertanyaan bacaan, bercerita. - Dialog: menyangkut: *) Praktik 3. READING (Membaca) Siswa mampu memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. • Menemukan pesan utama, informasi rinci tersurat/tersirat, rujukan kata, sinonim, antonim, makna kata dari teks tertulis • Menemukan kata/frasa dalam sebuah teks tertulis/percakapan pendek yang tidak sesuai dengan tatabahasa atau konteks • Menentukan respon yang tepat dari pertanyaan/pernyataan menyangkut: *) Tertulis 4. WRITING (Menulis) Siswa mampu mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. • Mengungkapkan buah pikiran secara tertulis dalam bentuk agenda memo, pidato, laporan singkat, surat bisnis/pribadi, iklan pendek • Menyusun kembali kalimat-kalimat acak menjadi teks percakapan atau paragraf yang benar • Membuat dialog berdasarkan situasi • Meringkas bacaan • Menjawab pertanyaan bacaan Praktik *) Pernyataan/pertanyaan menyangkut sama dengan SKL 1 SKL 1 dan 3 diujikan secara nasional

No comments:

Post a Comment